Keindahan Curug Sawer Pandeglang dan Mitos Buaya Putih Sang Penjaga

1
281
Keindahan Curug Sawer Pandeglang dan Mitos Buaya Putih Sang Penjaga
Keindahan Curug Sawer Pandeglang dan Mitos Buaya Putih Sang Penjaga

Jika Anda pernah melewati Kecamatan Cigeulis, Banten, singgah untuk menikmati keindahan air terjun Sawer, yang menyimpan sifat eksotis memancing. Situs Betting Terpercaya

Keberadaan Kecamatan Cigeulis tidak begitu populer di kalangan wisatawan lokal dan asing, tetapi Kecamatan Cigeulis merupakan daerah yang digunakan sebagai jalur lalu lintas wisata Pulau Umang dan Pantai Ciputih. itus IDN Poker Terbaru 2020

Tidak hanya itu, Kecamatan Cigeulis sebenarnya memiliki potensi wisata yang masih dapat dikembangkan, salah satunya adalah wisata alam Curug Sawer yang berjarak kurang dari satu kilometer dari pusat Kecamatan Cigeulis. Ovopoker

Anda dapat mencapai lokasi dengan berjalan kaki kurang dari 10 menit atau Anda juga dapat mengendarai sepeda motor jika Anda ingin tiba lebih cepat.

Dikutip dari halaman Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, artinya dalam bahasa Indonesia curug berarti air terjun. Berbeda dengan air terjun, Curug Sawer Banten memiliki dua level air terjun.

Tingkat pertama disebut Curug Lalakina (pria) yang berada di atas dengan ketinggian mencapai 25 meter. Sedangkan level tinggi bernama curug Bikang (betina) dengan ketinggian tujuh meter.

Selain dua air terjun di bawah air terjun bikang adalah sebuah gua bawah air yang bisa mencapai 8 kilometer panjangnya dan berakhir di muara Babakan Nangka. Inilah yang menambah keindahan air terjun di Pandeglang, Banten.

Berdasarkan narasi penduduk setempat, Curug Sawer tidak banyak membahas mitos tradisional, dikatakan bahwa curug ini berada di buaya putih yang membutuhkan ‘keperawanan’ air terjun dari hubungan yang diwarnai manusia. Buaya ini selalu muncul sebagai kakek tua ketika bulan purnama tiba.

Lokasi ini tidak jarang dijadikan tempat bermeditasi, terutama di sektor batu datar yang ditutupi oleh semak-semak di Curug Lalaki dan beberapa di antaranya bermeditasi di atas Air Terjun Bikang. (AMA / PNJ).

Facebook Comments

1 COMMENT

Comments are closed.