HEADLINE: Melawan Virus Corona Tanpa Panik, Indonesia Perlu Belajar dari Negara Lain?

1
484
HEADLINE: Melawan Virus Corona Tanpa Panik, Indonesia Perlu Belajar dari Negara Lain?
HEADLINE: Melawan Virus Corona Tanpa Panik, Indonesia Perlu Belajar dari Negara Lain?

Sudah hampir 3 minggu, tidak ada lagi kasus baru penularan Virus Corona di Vietnam. Namun, semua pasien yang dites positif COVID-19 telah pulih

Sementara itu, Indonesia baru saja mengumumkan virus Corona yang menginfeksi dua warganya pada hari Senin 2 Maret. Indonesia juga dapat belajar dari negara-negara tetangga tentang Virus Corona yang sesuai tanpa menimbulkan kepanikan. Situs IDN Poker Terbaru 2020

Selain dari Vietnam, Singapura juga merupakan salah satu negara yang telah berhasil memerangi Virus Corona. Dari 108 kasus, 78 disetujui sebagai pemulihan. Hingga Selasa (3/3/2020), tidak ada pasien Virus Corona di Singapura yang meninggal.

SIAPA YANG MENCINTAI PERCOBAAN. Temukan Setiap Kasus Virus Corona, tindak lanjuti dengan kontak, dan lepaskan transmisi. Universitas Harvard juga mengakui kemampuan Singapura sebagai Standar Emas atau standar tinggi untuk mendeteksi kasus Virus Corona.

Profesor Amin Soebandrio dari Eijkman Institute menilai ketegasan pemerintah Singapura adalah kuncinya. Karena Singapura akan menghukum tersangka Virus Corona yang tidak mematuhi instruksi karantina. Situs Betting Terpercaya

“Misalnya, jika ada orang dalam status pemantauan, di mana mereka meninggalkan rumah, itu ditemukan di luar rumah, itu bisa dicabut penduduk tetap. Jadi itu benar-benar ditegakkan hukum sehingga orang tentu memiliki ketakutan tetapi penting untuk memastikan ada tidak ada transmisi, “jelasnya.

Namun, kebijakan Singapura tidak mudah diimplementasikan di Indonesia. Hukuman status tempat tinggal.

Amin tidak mendukung gagasan karantina di satu tempat. Karantina sendiri dianggap lebih tepat jika ada orang yang melakukan kontak dengan penderita Virus Corona. Selain itu, lebih baik mengundang dokter ke rumah yang disetujui untuk melawan karena penularan Ovopoker

“Jika sakit, lebih baik memanggil petugas ke rumah, ganti ke rumah sakit alih-alih ganti ke pasien lain,” katanya.

Negara-negara lain, seperti Cina, Singapura dan Korea Selatan, memiliki kebijakan untuk melakukan tes Virus Corona dalam skala besar. Namun, Amin berhak memeriksa di Indonesia.

“(Pemeriksaan) dibuka secara acak, saya rasa tidak. Membuktikan, kita bukan negara yang menular di mana semua negara telah terkena, hanya satu daerah tertentu, jadi situasinya berbeda dengan China,” kata Amin.

Rekomendasi yang diberikan Profesor adalah pemeriksaan pasien yang memiliki gejala Virus Corona, orang yang tidak memiliki kontak dengan penderita Virus Corona.

Penyebabnya, ada kasus Virus Corona yang memiliki kontak dengan penderita di Amerika Serikat (AS). Itu membuat otoritas kesehatan AS, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), memantau lagi kriteria tersangka virus ini.

“Sudah terbukti terjadi di AS, ada sejumlah kasus yang menunjukkan fakta tetapi sama sekali tidak ada kontak dan ternyata positif sehingga CDC mempertimbangkan kriteria tersangka,” jelas Amin.

Contoh lain dari pengelolaan Virus Corona dengan memberhentikan sekolah dan perjalanan ke negara-negara, telah dilakukan oleh Jepang dan Korea Selatan. Namun, peneliti mikrobiologi LIPI Sugiyono mengatakan solusi itu potensial, tetapi belum mendesak. Yang penting dilakukan adalah mendidik dan mendisinfeksi daerah rentan.

“Ada sejumlah kebijakan seperti pembatasan perjalanan, liburan atau penutupan sementara di tempat-tempat umum, tetapi ini bukan keadaan darurat untuk dilakukan. Ini lebih cenderung untuk mendidik masyarakat sebelumnya tentang Virus Corona COVID-19,” kata Sugiyono

Upaya Pemerintah Indonesia

Sementara itu, Presiden Jokowi telah mengungkapkan langkah-langkah yang akan diambil Indonesia untuk memerangi Virus Corona. Salah satunya, pemerintah berencana membangun rumah sakit khusus untuk penyakit menular. Rumah sakit ini dirilis di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

“Bukan untuk membangun, karena fasilitas ada di sana tetapi sudah lama tidak digunakan, mereka akan direnovasi dalam waktu singkat. Kita sudah sampai di Pulau Sebaru, Pulau Galang, Natuna. 3/3/2020).

Jokowi mengklaim bahwa ia menginginkan rumah sakit khusus yang meminta penyakit menular dengan fasilitas yang berkualitas. “Ya, karena kami ingin kecepatan, kami menginginkan fasilitas yang benar-benar siap setiap saat dan tidak tepat,” katanya.

Dia mengklaim, saat ini pemerintah telah mengumpulkan 132 rumah sakit yang memiliki fasilitas isolasi untuk penyakit menular. Namun, Jokowi menginginkan rumah sakit khusus, mengingat jumlah besar orang Indonesia.

“Yang kita butuhkan adalah Pulau Sebaru dan Pulau Galang.”

Selain itu, Jokowi diundang, pemerintah telah melacak semua orang yang telah melakukan kontak dengan dua pasien positif dengan virus Corona. Ini sebagai bentuk antisipasi agar Virus Corona tidak menjadi wabah di Indonesia.

“Pemerintah telah melacak semua orang yang telah melakukan kontak dengan kedua pasien dalam kasus 1 dan 2. Pemerintah berupaya maksimal untuk mencegahnya mencapai titik awal penyebaran yang luas ke dalam epidemi domestik,” kata Jokowi.

Pemerintah, lanjutnya, sudah tahu siapa orang yang dikontrak dengan dua pasien yang terkena virus Corona. Mereka hadir dalam pengawasan pemerintah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengimbau agar masyarakat tetap waspada saat beraktivitas. Menurutnya, sekarang banyak pasien Virus Corona telah pulih.

“Faktanya adalah bahwa sebagian besar pasien di China, Wuhan, kemudian di Jepang, Iran, di Italia hampir semuanya dapat diselesaikan dan dipulihkan,” tambahnya.

“Jadi kita tidak perlu terlalu peduli tentang masalah ini tetapi harus berhati-hati dan waspada dalam setiap kegiatan.”

Pemerintah juga akan memindahkan rute lintas negara untuk mencegah penyebaran virus Corona. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, menyarankan ini ke beberapa negara yang menjadi pusat Virus Corona.

“Mungkin tapi belum pasti,” kata Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dia menjelaskan, ada empat negara yang akan membahas mereka, yaitu Korea, Jepang, Italia, dan Iran.

Cara Vietnam

Hanya dalam 3 minggu setelah ditemukan, Vietnam mampu memberikan wabah Corona Virus. Sejak 13 Februari, tidak ada lagi Corona Virus yang telah ditolak di Vietnam dan 16 orang yang disetujui telah dikembalikan.

Salah satu dokter yang terlibat dalam penanganan wabah Virus Corona di Vietnam adalah Dr. Rafi Kot. Dokter-dokter Israel telah tinggal di Vietnam selama 32 tahun, dan membantu membangun sistem kesehatan di Tanah Naga Biru.

Dia juga mengatakan bagaimana Vietnam dapat menyembuhkan 16 pasien positif dari Virus Corona.

“Kami melakukan semua tindakan pemeriksaan dari pemerintah Departemen Kesehatan Pembukaan pasien tetap aman di tengah-tengah wabah ini. Untuk melakukan itu, kami memiliki pertemuan setiap hari, bahkan beberapa kali sehari, menyelesaikan tengah malam, untuk menggunakan panduan panduan pemerintah dan berikan info terbaru, “kata Kot.

Kot menganggap COVID-19 karena Virus Corona masih penuh misteri. Dia menjelaskan:

“Pertama, masalah terbesar adalah wabah virus Corona ini terjadi ketika jutaan orang Cina dan Vietnam melakukan kompilasi Tahun Baru Cina. Itu adalah salah satu faktor utama yang menyebarkannya. Kedua, virus ini sangat berbeda dari SARS. Ia menginfeksi orang jauh sebelum orang itu membuktikannya. “Kebanyakan pasien tidak tahu bahwa mereka sakit. Corona dan masih bepergian kemudian menulari orang lain, “katanya, seperti dilansir situs web Haaretz pekan lalu.

Ketika saya pertama kali mengetahui tentang wabah Virus Corona di Cina, Kotaku masih tenang. “(Karena) kami telah memulai banyak jenis Virus Corona, seperti SARS, flu babi, flu burung, dan kami telah menciptakan tim dan sistem, tetapi kami tidak berpikir untuk pergi ke sana. Setelah SARS kami pikir tidak ada yang lebih buruk dari itu. karena SARS sangat parah. Pasien SARS pertama meninggal di Vietnam, seperti halnya dokter yang menanganinya. “

Kota itu mengungkapkan, perang melawan Virus Corona dilakukan di setiap provinsi di Vietnam. “Turis-turis Korea mengunjungi banyak tempat di Vietnam, jadi kami khawatir tentang keramaian di tempat umum, daerah perkotaan, turis Tiongkok, turis lain dari negara asing.”

“Itulah sebabnya kami mengundang semua sekolah di Vietnam untuk menutup dan menunggu apa yang akan terjadi,” tambahnya.

Kot mengatakan Vietnam tidak cocok untuk kota, tetapi banyak orang memilih untuk tidak menggunakannya karena takut menggunakan Corona Virus. Selain itu, permintaan dari penduduk untuk disetujui apakah terinfeksi dengan Virus Corona atau tidak.

“Kami segera menyadari semua orang ingin menjawab karena ada histeria, sehingga tubuh terhadap penyakit menular Vietnam meminta kuesioner untuk menentukan siapa yang layak dipahami, misalnya dari suhu kompetisi, apakah ia pernah melakukan kontak dengan Cina “Tapi pada saat yang sama kita tahu orang juga bisa menjawab karena mereka takut didiagnosis,” jelasnya.

Masalahnya diperparah oleh fakta bahwa uji klinis menunjukkan tanda-tanda negatif, sehingga orang yang menentangnya masih dapat menginfeksi.

“Kami memiliki tiga kasus seperti itu. Singapura memiliki 20. Sementara Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular AS mengakui ada masalah dengan kit uji klinis. Pada hari yang sama China mengumumkan mereka tidak lagi menggunakan kit uji klinis dan segera membicarakannya.”

Pihaknya sudah mulai menemukan kompilasi virus Corona dari orang-orang yang datang ke rumah sakit dengan yang positif setelah bertemu. Dia mengerti utara Hanoi, di sebuah desa di sana sekelompok pekerja yang baru saja kembali dari Wuhan. Mereka dikirim ke sana oleh perusahaan cat Jepang untuk pelatihan. Mereka pulang dan menginfeksi liburan. Saat itu sekitar 4-5 Februari. Total ada 16 orang yang didukung.

“Mereka sakit dan kemudian ditempatkan di karantina militer. Ini hanya dapat dilakukan oleh negara totaliter. Mereka ditempatkan di rumah sakit yang telah dievakuasi. Mereka memasang pagar kawat berduri dan memasang pos tentara. Mereka memobilisasi tim dokter dengan khusus peralatan, “kata Kot.

Dia juga menjelaskan mengapa di Italia dan Korea Selatan pasien Virus Korona cepat sembuh, tetapi tidak di Vietnam.

“Alasan yang masuk akal adalah musim dingin. Di Vietnam selatan saat ini sangat panas dan di Korea Selatan dan Italia dingin. Ketika dingin, orang-orang di rumah saling membantu dan mereka dapat saling menulari,” simpul Kot.

Jurus Singapura

Singapura adalah negara di dunia yang menjadi salah satu pusat transit tersibuk di dunia. Salah satunya adalah aktivitas transit bagi penumpang yang menggunakan pesawat

Oleh karenanya, Negeri Singa tersebut sangat rentan terhadap penyebaran virus yang ditularkan lewat aktivitas manusia.

Dalam mengatasi Virus Corona yang saat ini tengah menjadi ancaman masyarakat dunia, Pemerintah Singapura telah melakukan antisipasi. Agar kejadian di masa lampau, saat penyebaran virus SARS, tidak kembali berulang.

“Bentuk perlawanan kami terhadap COVID-19 adalah upaya nasional, yang dikoordinasi oleh Satuan Tugas Multi-Kementerian (MTF). MTF didirikan pada 22 Januari 2020, sebelum ditemukannya kasus infeksi (Virus Corona) pertama kami,” kata Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar dalam bincang media di kantor Kedutaan Besar Singapura di Indonesia, JL HR Rasuna Said Kuningan Jakarta, Senin (2/3/2020).

“Ketika situasinya meningkat, kami segera melakukan tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko kasus penyebaran, mendeteksi kasus lebih awal, dan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus di Singapura,” tambah pernyataan pihak Singapura.

Pihak berwenang Singapura juga menekankan bahwa pencegahan adalah prioritas utama.

“Jumlah kasus di Singapura terlihat tinggi karena kami mencoba setiap tindakan yang mungkin dilakukan dan berusaha keras untuk mendeteksi setiap kasus,” kata Anil.

Sejauh ini WHO memuji upaya Singapura untuk menemukan setiap kasus, menindaklanjuti dengan kontak dan menghentikan transmisi. Harvard University juga mengakui kemampuan Singapura sebagai Gold Standart atau standar tinggi untuk deteksi kasus Virus Corona.

Di satu sisi Pemerintah Singapura juga menyampaikan bahwa masyarakatnya telah teredukasi dengan baik. Untuk terus menjaga pola hidup yang baik serta higienis.

Anil mengatakan, pemerintah Singapura mengadopsi pendekatan yang transparan dan rasional dalam menangani kasus wabah Virus Corona. “Kami berbagi informasi secara tepat waktu dan transparan dengan pemangku kepentingan domestik dan internasional.”

Setiap hari pemerintah Singapura memberitahukan informasi terbaru dari penyebaran kasus virus Corona. Mulai dari informasi terbaru jumlah penderita yang terkena Covid-19, siapa saja yang kontak dengan penderita hingga memantau tempat tinggal perumahan warga yang ada kasus Virus Corona.

Dijelaskan juga bahwa saat ini setiap negara tetap rentan terhadap epidemi dan kedaruratan, mengingat ketidaksempuranaan sistem kesehatannya.

“Dengan demikian, kita semua memiliki peran dalam masalah kesehatan global saat ini, karena virus ini tidak dapat menembus batas negara, nasional atau ras.”

Pemerintah Singapura juga menekankan bahwa pihaknya akan selalu berkerjasama dengan WHO dalam mengatasi wabah ini sehingga dapat dihentikan. Anil juga mengingatkan pentingnya pemerintah Indonesia memberikan informasi setransparan mungkin seperti yang sudah dilakukan negaranya. Singapura terbuka untuk bekerja sama dengan Indonesia untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Karena transparasi ini diperlukan untuk koordinasi dengan negara-negara tetangga.

Upaya Malaysia, China, dan Taiwan

1. Malaysia

Tak hanya Vietnam, negara Asia Tenggara lainnya yang berhasil memulangkan pasiennya adalah Malaysia. Pria berusia 41 tahun tersebut adalah orang pertama yang dinyatakan positif Corona di Negeri Jiran.

“Pria berusia 41 tahun itu dinyatakan positif mengidap virus tersebut pada 3 Februari dan dirawat di ruang isolasi,” kata Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad dalam sebuah pernyataan.

Pria tersebut menghadiri sejumlah pertemuan di Singapura pada Januari lalu dan menjadi orang Malaysia pertama yang dinyatakan positif Virus Corona setelah kembali ke Malaysia.

Sementara itu, adik perempuan (40) dan ibu mertua (65) yang tertular Virus Corona darinya masih dirawat

2. China

Meski China adalah negara yang diyakini sebagai munculnya Virus Corona dan menjadi negara dengan jumlah korban terbanyak, nyatanya ada pula yang bisa sembuh dari virus mematikan ini.

Belum lama ini, seorang wanita berusia 65 tahun asal Kunming, China mengalami kondisi pemulihan yang signifikan usai dinyatakan terinfeksi Virus Corona. Pasien yang selama ini dirawat intensif di Rumah Sakit Baoshan tersebut secara mengejutkan pulih setelah diberi terapi sel induk atau stem cell oleh para ilmuan di China, demikian dikutip dari laman SCMP.

Pasien lansia itu tiba di Kunming pada 21 Januari 2020 setelah melakukan perjalanan dari Wuhan, ibukota provinsi Hubei, China yang diduga menjadi pusat penyebaran wabah.

Seminggu kemudian dia jatuh sakit dengan demam ringan, kelelahan dan batuk. Mengikuti pedoman ketat yang ditetapkan oleh pemerintah untuk perawatan pasien coronavirus para dokter dianjurkan untuk memberikan obat antivirus dan antibiotik.

Kondisinya semula baik, namun tiba-tiba turun drastis beberapa hari kemudian. Saat kondisinya turun, keadaan organ-organ pada tubuh juga menurun. Sehingga dokter bergerak cepat dan berkonsultasi dengan komite etika rumah sakit dan keluarga pasien, terapi sel induk dimulai pada 9 Februari terhadap pasien yang terdampak Virus Corona tersebut.

Meski demikian, cara pengobatan ini masih dianggap kontroversial menurut uji klinis dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

3. Taiwan

Tak dapat dipungkiri, Taiwan yang jaraknya cukup dekat dengan China juga menjadi lokasi menakutkan bagi sejumlah orang lantaran Virus Corona.

Sejauh ini ada sejumlah pasien yang meninggal dunia akibat Virus Corona. Namun, Taiwan punya langkah baik guna meminimalisir penyebaran virus.

Standar medis Taiwan berkelas dunia, tindakan pencegahan epidemi sangat sukses,” jelas pihak Taiwan melalui pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh Taipei Economic and Trade Office (TETO) pada 12 Februari 2020.

Saat ini, menurut keterangan tersebut, tidak ada komunitas wabah infeksi Virus Corona yang terjadi di Taiwan. Jumlah kasus positif yang dikonfirmasi juga lebih rendah dari kasus di Hong Kong, Singapura, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.

“Langkah-langkah pencegahan epidemi di Taiwan cukup berhasil, tidak ada infeksi komunitas, dan kasus yang dikonfirmasi relatif sedikit. Jauh lebih unggul daripada China dan negara-negara tetangga lainnya,” papar pihak Taiwan.

Pihak Taiwan mengaku mengerahkan seluruh kekuatan yang terbaik untuk memerangi Virus Corona Wuhan.

Facebook Comments

1 COMMENT

Comments are closed.